RSS

Tentang Microblog

Microblog saat ini yang paling ternama saat ini adalah Twitter. Microblog bisa dikatakan sebagai minimize dari blog, karena bentuknya yang ringkas. Jika dalam blog kita bisa curhat dengan panjang lebar sedangkan microblog hanya 140 Karakter. Biasanya sih ini juga bisa jadi ajang curhat atau curhat singkat gitu. Nah, jadi untuk yang satu ini mungkin bagi para kaum narsis tidak bisa menyalurkan bakat narsisnya. Meski dari ukuran konten mikro blog berbeda dengan blog pada umumnya, tujuannya tetap sama dalam hal penggunaannya.
Twitter adalah microblog yang dirilis pada tahun 2006 dan bisa dikatakan sebagai pioner dari microblog. Dan efek dari Twitter ini adalah berhasil menjadi acuan dari microblog-microblog lainnya seperti Plurk, Jaiku, Pownce, Sfeed, Twatter, Juick, dan Identi.ca. Saat ini Plurk dan Jaiku yang paling beken setelah Twitter.
Nah, website microblog ini juga bisa dimanfaatkan sebagai ajang untuk promosi. Banyak yang sudah memanfaatkan fasilitas dari microblog ini sebagai contoh adalah Barrack Obama yang memanfaatkan microblog sebagai ajang kampanye. Dan juga masih banyak lagi seperti untuk mempromosikan link-link artikel berita dan lainnya.
Berikut ini adalah penjelasan mengenai beberapa microblog:

  1. Moodmill. Merupakan microblog karya anak bangsa kita sendiri atau anaknya Garuda juga sih. Nama penciptanya adalah Felix Widjaja pada Juli 2006. Tak disangka banyak juga para penggemar Moodmill saat itu yang menuliskan mood-mood mereka. Pada waktu itu Felix belum menyadari bahwa Website buatannya adalah microblog karena istilah microblog sendiri baru ngetren awal 2007. Karena harus bersaing dengan Microblog ternama dunia lainnya akhirnya Felix menjualnya ke pihak lain. Untuk dapat mengaksesnya mampir ke www.moodmill.com. [sayangnya mungkin sudah berubah fungsi saat ini].
  2. Kronologger. Ini juga merupakan hasil karya anak Garuda yang bernama Kukuh TW dan dirilis pada agustus 2007. Para Kroner (sebutan untuk anggotanya) bisa menupdate status lewat via ponsel atau web. Microblog yang satu ini sedikit berbeda karena memungkin anggotanya mengirim foto langsung dari ponselnya. Website ini juga terintegrasi dengan FB. Untuk dapat mengaksesnya www.kronologger.com [masih dalam perbaikan sewaktu dicek lagi].
  3. Twitter. Merupakan website microblog paling populer saat ini. Banyak pula selebriti yang memanfaatkan fasilitas ini, Twitter bisa dikatakan pelopor Microblog yang paling sukses. Untuk mengunjunginya www.twitter.com.
  4. Plurk. Menampilkan aktivitas para Plurker dalam rupa timeline (deret waktu). Layanan ini memperkenalkan istilah karma untuk menilai aktivitas anggotanya. Poin karma akan bertambah tiap kali Plurker menambah Postingnya di halaman, memberi tanggapan untuk plurker lainnya dan menambah teman di akunnya. Untuk jadi anggotanya www.plurk.com/TwitterApp
  5. Jaiku. yang ini dilengkapi dengan tool yang mirip dengan Twitter. Layanan microblog ini yang telah diakusisi oleh Google juga memberi maksimal update status 140 karakter. Fitur yang membuat Jaiku lebih menarik adalah Feature Thread pesan dan komentar. Layanan ini pada umumnya hanya menyediakan feature thread untuk pesan. Silahkan kunjungi www.jaiku.com.
  6. Sfeed. merupakan microblog yang cocok untuk para pebisnis karena disini terbilang unik. Layanan ini khusu bagi para shopaholic dan orang-orang yang ingin berbagi informasinya mengenai produk-produk dagangannya. Langsung saja ke www.sfeed.com.
Mungkin itu adalah sebagian besar mengenai Microblog baik itu karya anak Garuda sendiri ataupun karya orang luar. Namun, pada intinya adalah sama yaitu gunakan lah failitas yang diberikan dengan baik dan benar. Karena berbuat baik itu belum tentu benar bagi orang lain ataupun sebaliknya.

Deskripsi : Penjelasan mengenai microblog yang ada baik itu karya negeri sendiri maupun luar negeri.
Keyword : Microblog, tentang microblog
  • Digg
  • Delicious
  • Facebook
  • Mindtalk
  • Google
  • Twitter
  • StumbleUpon
  • Linkeidn
  • Artikel Terkait



    Imerey Imuc Updated at: Wednesday, September 21, 2011
    Imerey Imuc
    Penulis: Yoseph Rafael Hendrikus Yelson atau
    Deskripsi : Saya hanyalah seorang anak baru di dunia Internet yang masih butuh banyak ilmu lagi. Untuk lebih jelasnya bisa langsung menuju ke Profil Imerey Imuc.

    0 komentar:

    Post a Comment

    Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

     
    Design by Imerey Imuc (Dari Bhumi Arema Menuju Pulau Dewata)