RSS

Membuat Mail Merge Word 2010

Tutorial Word
Membuat Mail Merge Word 2010 - Apa itu Mail Merge? Kalau dalam bahasa mudahnya fitur dari MS Word untuk mempermudah pengguna hanya dengan membuat satu format. Dalam hal ini sebagai contoh sewaktu kita membuat surat ijin untuk anggota-anggota tim atau organisasi untuk mengikuti rapat. Berarti jumlah mereka bukanlah hanya 1 orang melainkan banyak. Jadi, dengan adanya Fitur Mail Merge ini kita tidak perlu lagi mengetik dan menghapus nama anggota kita. Hal itu hanya akan membuat 2 kali pekerjaan. Berikut contohnya untuk dipratekan.

1). Bukalah document surat yang akan dibuat.
Markup Validation Service


2). Ok, dalam document contoh surat itu terdapat nama, npk, dan jurusan. Disitulah kita akan mengisi nama, npk, dan jurusan dengan menggunakan mail merge. Langsung saja kita mulai dengan mail merge, klik Mailings > Start Mail Merge > Step by Step Mail Merge Wizard.

Markup Validation Service

3). Dari kita akan dibawa pada form Mail Merge. Selanjutnya ikuti langkah berikut
  • Pilih Letter lalu Next Starting document
  • Pilih Use the current document lalu Next Select recipients
  • Pilih Type a new list > Create, lalu akan muncul New Address List

Markup Validation Service

  • Berhubung yang akan kita masukin adalah Nama, NPK, dan Jurusan maka semua Field default yang ada akan kita hapus dengan mengklik Customize Columns. Pilih semua field dan delete, jika ada pesan klik Yes. Hapus semua field yang ada.
  • Berikunya adalah klik add untuk membuat 3 field baru.
Markup Validation Service

    • Setelah membuat 3 Field maka kita akan dibawa ke Form New Address List. Disitu kita akan memasukkan Nama, NPK, dan Jurusan untuk para undangan kita.
    Markup Validation Service

      • Setelah itu klik OK dan kita akan disuruh untuk Save Database yang kita buat tadi. Setelah save kita akan dibawa ke Form Mail Merge Recipients. Centang semuanya.
      Markup Validation Service

        • Setelah sampai pada tahap diatas maka kita tinggal menginput saja dengan klik Malings > Insert Merge Field. Dalam memasukkan field ini sesuaikan dengan space yang diberikan. Contohnya Nama: <<nama>>, NPK: <<NPK>>, dan Jurusan: <<jurusan>>. Pilih pada insert mail merge.
        Markup Validation Service

          • Untuk melihat hasil klik pada Preview Result, lalu untuk masuk ke data berikutnya klik next atau ganti dengan angka 2.
          • Buatlah begitu terus sampai pada data terakhir.
          Mungkin ini hanyalah Tips dan Trik Office biasa dengan judul posting  Membuat Mail Merge Word 2010 dan ini Hanya mau berbagi ilmu saya saja. Semoga bermanfaat.

          Description: Membuat Mail Merge Word 2010
          Keyword: Mail Merge, Tutorial Word, Tips dan Trik Word, Tutorial Office
        • Digg
        • Delicious
        • Facebook
        • Mindtalk
        • Google
        • Twitter
        • StumbleUpon
        • Linkeidn
        • Artikel Terkait



          Imerey Imuc Updated at: Saturday, September 15, 2012
          Imerey Imuc
          Penulis: Yoseph Rafael Hendrikus Yelson atau
          Deskripsi : Saya hanyalah seorang anak baru di dunia Internet yang masih butuh banyak ilmu lagi. Untuk lebih jelasnya bisa langsung menuju ke Profil Imerey Imuc.

          1 komentar:

          AnnadainiN said...

          nice share mail merge
          thanks for information

          Post a Comment

          Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

           
          Design by Imerey Imuc (Dari Bhumi Arema Menuju Pulau Dewata)