RSS

Software Deteksi Driver

Software Deteksi Driver
Software Deteksi Driver - Baru-baru ini saya mencoba menginstal ulang laptop adek saya Melky yaitu Asus dikarenakan aktifnya automatic update windows. Maklum, orang kasta sudra tidak mampu membeli yang original, namun bukanlah masalah selama kita tidak menggunakannya untuk komersil. Saya mengambil tema mengenai Software Deteksi Driver, dikarenakan pengalaman saya ketika masih mengajar di Fakultas Ekonomi UNMER Malang. Kenapa begitu karena banyak dari mereka yang tidak mengetahui mengenai apa itu Driver ketika membeli Laptop atau Komputer baru. Alhasil, ketika terjadi Crash pada komputer atau laptop maka akan memakan waktu yang lama karena harus mencari lagi Driver untuk Laptop atau komputer. Yang jadi masalah lagi adalah dengan Tipe Laptop atau komputer yang sudah sangat senior atau sudah usia lanjut, maka akan sangat sulit untuk menemukkan Driver-driver tersebut di Google.

Ok.. Kalau begitu kita langsung saja pada pokok permasalahannya yaitu beberapa Software Deteksi Driver. Ada beberapa software yang bagus, ada juga beberapa software yang kurang maksimal alias kurang memuaskan. Saya mengatakan begitu karena saya sebelum menuliskannya dalam sebuah artikel, saya sudah mencobanya. Namun dalam hal ini saya tidak mencoba mendownload semua driver, hanya 1 driver saja (Maklum hidup susah jadi harus irit kuota).

Unknown Device Identifier
Merupakan sebuah software besutan HunterSoft (Zhangduo.com). Dari namanya saja bahwa software ini mendeteksi driver melalui Device Manager. Biasanya pada Device Manager yang ada tanda Warning adalah masih belum terinstalnya atau belum dikenali oleh OS kita. Dalam hal ini Unknown Device Identifier membaca tandaWarning tersebut, selain itu juga memberitahukan adanya file yang kurang pada Laptop atau komputer kita. Kekurangan dari software ini ketika saya mencobanya adalah ketika saya ingin mendownload File tersebut dengan mengklik Find Files, tidak langsung melakukan download software atau file melainkan kita akan dibawa menuju mesin pencari dengan keyword dari File yang kita ingin download. Bagi teman-teman yang ini mencobanya langsung saja menuju ke Download Unknown Device Identifier.

Driver Checker
Adalah salah satu software yang sudah saya coba juga untuk mencari driver Laptop. Tampilan dari software ini cukup User Friendly alias sangat mudah untuk dioperasikan bagi kaum awam. Karena kita hanya dengan mengklik Scan, maka akan dibaca semua perangkat yang melekat pada Laptop atau komputer kita dan akan memberitahukan juga beberapa pesan error jika ditemukan ada beberapa software yang tidak dikenali. Dalam hal ini pesan Warning yang disampaikan pada Driver Checker, sama dengan pesan Warning yang ada pada Device Manager. Namun, yang jadi masalah adalah pada Download File atau Find File. Selama proses download semua berjalan lancar dan itu semua berjalan masih dibawah kendali Driver Checker, sehingga yang mengunakan IDM harap bersabar. Hal yang paling aneh adalah Driver yang di Download adalah Driver Lenovo sedangkan Laptop saya adalah ASUS. Mungkin Driver Checker yang saya gunakan Free sehingga memberikan rekomendasi ala kadarnya saja. Kalau diantara teman-teman yang ingin mencobanya silahkan langsung saja menuju ke Download Driver Checker.

Driver Easy
Software ini bisa dikatakan sangat membantu saya, karena software menemukkan apa yang saya cari. Namun ada beberapa kekurangan juga dari software ini, yaitu adanya batas Limit dalam mendownload Driver (30Kbps) dan selama proses download berlangsung pastikan koneksi internet tetap hidup, karena tidak ada resume download ketika koneksi internet tiba-tiba hilang atau putus. Dan yang ditampilkan pada hasil Scan Driver Easy tidak sama dengan tanda Warning yang ada pada Device Manager, karena yang ditampilkan pada Driver Easy adalah Driver yang sudah Out of Date atau software Driver yang tidak update. Namun, yang paling penting adalah Driver Easy bisa digunakan secara Gratis meskipun agak lama dalam mendownloadnya. Bagi teman-teman yang ingin mencobanya langsung saja menuju ke Download Driver Easy.

Driver Detective
Software ini cukup ribet atau merepotkan pada waktu instalasinya. Mungkin saya yang kurang sabaran saja sehingga mengatakannya begitu. Yang ditampilkan pada hasil Scan Driver Detective juga tidak sesuai dengan Device Manager. Namun, dengan melihat size Driver dan File pada hasil Scan, sesuai dengan yang saya butuhkan. Itu masih sebatas melihatnya saja, namun ketika klik Download yang muncul adalah "Please Register Driver Detective". Mungkin diantara teman-teman adanya mempunyai versi Full Versionnya, bisa berbagi atau share. Untuk sementara bagi teman-teman yang ingin mencobanya langsung saja menuju ke Download Driver Detective.

Driver Max
Yang ditampilkan juga tidak sesuai dengan Warning pada Device Manager. Namun, file driver yang ditampilkan sesuai dengan yang saya inginkan. Yang jadi masalah adalah ketika mau mendownload File atau Driver kita disuruh untuk membuat akun Driver Max. Dan hal itu tidak saya lakukan karena saya rasa hal itu ribet sekali dan tidak user friendly. Mungkin sekali lagi ini merupakan Versi Freenya sehingga kita dibuat ribet begitu. Kalau teman-teman ada yang menemukkan versi Full Versionnya boleh share.

Driver Navigator
Hasil Scan yang ditampilkan juga tidak sama dengan Warning pada Device Manager, atau yang ditampilkan pada hasil Scan adalah Software Driver yang Out Of Date. Namun, driver atau file sesuai dengan yang saya butuhkan dilihat dari namanya dan sizenya. Kekurangannya adalah Hampir sama kasusnya dengan yang lainnya, yaitu untuk dapat download kita disuruh memasukkan kode aktivasi. Dan itu adalah pelajaran bagi para pencinta software yang free. Sedih banget ya. Sekali lagi bagi teman-teman yang mempunyai versi Full Versionnya bisa Share. Untuk mencoba software ini bisa langsung saja ke Download Driver Navigator.

Hanya itu yang bisa ungkapkan mengenai Software Deteksi Driver, yang mungkin bisa membantu teman-teman semua ketika Drivernya Hilang. Namun, semua itu harus disesuaikan juga dengan masing-masing software, oleh karena itu ketika kita menggunakan Laptop keluaran terbaru, maka software yang harus kita gunakan adalah software dengan updetan terbaru juga.

Mungkin sekian dulu Free Download dengan judul Software Deteksi Driver, dan ini semua saya lakukan Hanya Mau Berbagi Ilmu Saya Saja. Dan bagi teman-teman yang ingin melihat List Postingan langsung saja menuju ke Free Download.
  • Digg
  • Delicious
  • Facebook
  • Mindtalk
  • Google
  • Twitter
  • StumbleUpon
  • Linkeidn
  • Artikel Terkait



    Imerey Imuc Updated at: Saturday, November 02, 2013
    Imerey Imuc
    Penulis: Yoseph Rafael Hendrikus Yelson atau
    Deskripsi : Saya hanyalah seorang anak baru di dunia Internet yang masih butuh banyak ilmu lagi. Untuk lebih jelasnya bisa langsung menuju ke Profil Imerey Imuc.

    0 komentar:

    Post a Comment

    Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

     
    Design by Imerey Imuc (Dari Bhumi Arema Menuju Pulau Dewata)