RSS

Ancaman Sewaktu Berinternet

Ancaman sewaktu berinternet tanpa kita sadari selalu muncul diantara kita. Karena ancaman yang ini merupakan ancaman yang tidak terlihat karena biasanya tidak mengganggu performa komputer kita. Namun, sangat mengganggu apa yang menjadi privasi kita. Berikut ini merupakan beberapa istilah ancaman sewaktu berinternet:

1. Malware
adalah sebuah program yang berisi kode-kode atau script-script berbahaya, termasuk diantaranya virus, worm, dan trojan. Malware akan secara otomatis menyebarkan dirinya dengan memanfaatkan media komunikasi seperti email, pesan instans (seperti YM), situs, dan material download lewat koneksi peer to peer. Malware ini muncul dan dapat berkreasi didalam komputer kita dengan memanfaatkan kelemahan dari System atau OS yang kita gunakan. Jadi, hendaknya kita memasang proteksi pada komputer kita untuk mencegah Malware.

2. Phising
Untuk yang satu ini kalau di dunia internet dikenal juga dengan penipuan online yang akan berdampak pada pencurian data-data penting kita seperti username, password, dan detil informasi kartu kredit. Teknik ini biasanya memanfaatkan isu yang lagi heboh seperti bencana alam, aksi sosial, gosip artis, dan sebagainya. Phising biasanya menyebar lewat email yang mengatasnamakan sebuah perusahaan terkenal atau ternama, dimana ketika kita mengklik isi dari email itu kita akan dibawa ke Jendela atau tab baru yang merupakan situs palsu yang dibuat mirip dengan situs perusahaan dan akan meminta kita untuk mengisi username dan password. Dan itu tanpa kita sadari telah mengirim username dan password kita. Maka dari itu hendaknya kita memperhatikan dan harus bisa membedakan link situs tersebut. Dan yang paling inti adalah jangan pernah membuka kiriman email dari perusahaan yang tidak kita kenal dan hendaknya kita menghubungi langsung perusuhaan tersebut jika terkait dengan kerja kita melalui telpon.

3. Spam
Merupakan email sampah yang sering kali masuk ke Inbox kita tanpa kita kehendaki. Isi dari spam ini bermacam-macam seperti iklan, penawaran kerjasama, dan sejenisnya. Dan Spam merupakan masalah serius dalam berinternet karena dapat menyebarkan trojan, virus, worm, spyware, dan sasaran serangan phising. Jadi, hendaknya kita tidak perlu membuka email dari perusahaan yang tidak kita kenal apalagi membalasnya ataupun memforward. Karena sekali kita melakukan hal itu maka akan secara terus menerus mengirimkannya. Dan itu akan membuat email kita menjadi penuh dengan email-email yang tidak jelas tujuannya.

4. Spyware
merupakan sebuah program yang bersembunyi di dalam komputer kita. Sesuai dengan namanya program ini dibuat hanya untuk memata-matai aktivitas sewaktu browsing yang akan mengirim username, password dan data-data penting kita seperti informasi rekening bank dan sejenisnya. Dan itu akan dikirim pada si pembuat program. Biasanya spyware akan terinstal secara otomatis sewaktu kita mendownload dan mengisntal program dari sebuah website yang bukan website resmi. Atau juga sewaktu kita mengklik iklan yang ada dalam email kita atau wall FB kita. Dan kita mungkin tidak sadar sewaktu mengisntal program menerima sebuah spyware ketika menyetujui "End User License Agreement" saat menginstal program. Jadi, hendaknya kita perlu menyaring situs-situs downlaod. Sebelum mengakses situs tersebut hendaknya melakukan scan terhadap website tersebut.

Nah, itu merupakan ancaman sewaktu kita berinternet. Mungkin istilah-istilah diatas sering kita dengar namun apakah kita memahami arti dan maksud dari istilah  tersebut. Ini merupakan ilmu dasar namun sangat bermanfaat. Dan ini merupakan hal kecil yang dipandang sebelah mata oleh banyak orang. Makanya disini  saya Hanya Mau Berbagi Ilmu.

Deskripsi : Tanpa kita sadari banyak ancaman yang muncul sewaktu kita berinternet dan itu masuk tanpa sepengetahuan kita dan mengancam privasi data-data kita. Berikut ini merupakan beberapa ancaman yang terjadi.
Keyword : Artikel, Artikel Internet, Ancaman Sewaktu Berinternet

  • Digg
  • Delicious
  • Facebook
  • Mindtalk
  • Google
  • Twitter
  • StumbleUpon
  • Linkeidn
  • Artikel Terkait



    Imerey Imuc Updated at: Saturday, November 05, 2011
    Imerey Imuc
    Penulis: Yoseph Rafael Hendrikus Yelson atau
    Deskripsi : Saya hanyalah seorang anak baru di dunia Internet yang masih butuh banyak ilmu lagi. Untuk lebih jelasnya bisa langsung menuju ke Profil Imerey Imuc.

    0 komentar:

    Post a Comment

    Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

     
    Design by Imerey Imuc (Dari Bhumi Arema Menuju Pulau Dewata)