RSS

Mengatasi Warning Error Pada Structure Data Google Webmaster Tool

Mengatasi Warning Error Pada Structurre Data Google Webmaster Tool
Mengatasi Warning Error Pada Structure Data Google Webmaster Tool - Ini mungkin artikel yang bisa dibilang harus dan wajib dibaca bagi para blogger semua atau para pebisnis di Internet atau yang berhubungan dengan website. Saya menulis artikel ini karena berasal dari pengalaman pribadi lagi. Bermula dari keinginan agar dapat menjadi No.1 di Google dengan mengikuti aturan main dari Google itu sendiri.

Seperti yang kita ketahui bahwa Google adalah search engine nomor 1 dan semua orang pasti menginginkan untuk menjadi atau tampil di halaman 1 Google. Oleh karena itu Google pun telah mengenyediakan beberapa fitur gratis yang dapat membantu kita untuk meningkatkan Traffic Blog atau Web kita. Yang wajib dipakai adalah Google Analytic, Google Webmaster Tool dan Google Plus.

Sekarang saya akan membahas mengenai Warning Error pada Structure Data Webmaster Tool (Sebelumnya login dulu) antara lain:

  • Warning: Missing Required Field "Update"
  • Warning: Missing Required hCard "Author"
Mengatasi Warning Error Pada Structurre Data Google Webmaster Tool
Gambar 1: pemberitahuan adanya pesan error

Mengatasi Warning Error Pada Structurre Data Google Webmaster Tool
Gambar 2: detail pesan error

Jika terdapat warning seperti itu, maka artikel terkait akan lama terindex oleh Google karena Google tidak mengenali Siapa Author Posting tersebut dan tanggal update artikel tersebut. Ini terjadi karena di Blog atau website kita tidak ada Script untuk mengenalkan kepada Google. 

Langsung saja kita ke pokok permasalahannya yaitu Cara mengatasi Warning Error Missing Author dan Warning Missing Updated.
  • Sebelumnya kita cek dulu detail error pada salah satu artikel kita (Klik salah satu pada gambar 2), lalu Klik Test Live Data.
Mengatasi Warning Error Pada Structurre Data Google Webmaster Tool
  • Lihat pada bagian Extracted Structure Data, akan dijelaskan megenai pesan error tersebut.
  • Buka tab baru dan masuk ke Blogger Dashboard > Template > Edit HTML
  • Copy Script dibawah ini. (Tulisan biru ganti dengan identitas yang diminta)
              <div class='vcard' id='hcard-Nama-Anda'>
                  <span class='fn n'>
                  <span class='given-name'>Posted by: Nama Anda</span>
                  </span>
             </div>
<a class='updated' href='alamat site anda' rel='bookmark'>Nama SIte</a> Updated at: <abbr class='published' expr:title='data:post.timestampISO8601'><data:post.timestamp/></abbr>
  • Find script <b:if cond='data:post.hasJumpLink'>, paste di atas script tersebut. Sebagai contoh hasilnya seperti ini.
<data:post.body/>
<div style='clear: both;'/> <!-- clear for photos floats -->
</div>

<div class='vcard' id='hcard-Imerey-Imuc'>
 <span class='fn n'>
    <span class='given-name'>Posted by: Imerey Imuc</span>
    </span>
  </div>
<a class='updated' href='http://imerey-imuc.blogspot.com/' rel='bookmark'>Imerey Imuc</a> Updated at: <abbr class='published' expr:title='data:post.timestampISO8601'><data:post.timestamp/></abbr>

<b:if cond='data:post.hasJumpLink'>
<div class='jump-link'> .......

  • Jika sudah selesai sekarang buka Blog kita dan klik salah satu artikel kita, akan ada tambahan pada bagian bawah artikel kita.
  • Selanjutnya Copy, kita kembali untuk mengeceknya lagi (Gambar 2), lalu Test Live Data.
  • Jika sudah tidak ada pada pesan Error pada Test Live Data, maka Artikel tersebut tinggal menunggu waktu untuk terindex oleh Google.
Mengatasi Warning Error Pada Structurre Data Google Webmaster Tool

Pada intinya kita hanya melakukan pengenal dengan menambahkan beberapa Script HTML saja. Namun, mengenai posisi dari Script tambahan tersebut tidak harus penempatannya seperti yang saya contohkan. Kita bisa saja menempatkannya dimana kita mau asalkan kita menguasai script template blog kita. Seperti yang saya lakukan adalah menempatkan nya di Kotak Tentang penulis di bawah Artikel saya.

Mengatasi Warning Error Pada Structurre Data Google Webmaster Tool

Mungkin sekian dulu mengenai SEO trik yang bisa saya bagikan ke teman-teman. Jika ada kesalahan kata atau salah tulis mungkin bisa kita bahas di kotak komentar (Maklum masih Amatiran). Semua ini saya lakukan hanya mau berbagi ilmu saya saja.

Untuk melihat artikel lainnya seperti 3D Scanner dan Print atau Mengelola banyak gambar dengan cepat, dapat langsung ke SEO Blog.

referensi:http://august-blog.blogspot.com/2011/12/warning-missing-required-field-updated.html
  • Digg
  • Delicious
  • Facebook
  • Mindtalk
  • Google
  • Twitter
  • StumbleUpon
  • Linkeidn
  • Artikel Terkait



    Imerey Imuc Updated at: Friday, January 03, 2014
    Imerey Imuc
    Penulis: Yoseph Rafael Hendrikus Yelson atau
    Deskripsi : Saya hanyalah seorang anak baru di dunia Internet yang masih butuh banyak ilmu lagi. Untuk lebih jelasnya bisa langsung menuju ke Profil Imerey Imuc.

    38 komentar:

    Anonymous said...

    makasih gan.. tapi klo tampilannya mau disembunyikan gmna caranya ya sob??
    oia follback dulu ya ^_^ http://sihab-stars.blogspot.com/

    Anonymous said...

    udah ane coba gan moga berhasil..
    follback ya ^_^
    http://sihab-stars.blogspot.com/

    #Kholis Sihabudin

    Unknown said...

    Tampilan apa nih om Shibab...

    Unknown said...
    This comment has been removed by a blog administrator.
    Unknown said...

    Belajar SEO: Maaf saya hapus komennya.. tolong jangan sertakan link aktif.. kalo mau seperti shibab saja...
    Maksudnya tampilan gimana gan??? Saya kurang paham dengan pertanyaanya pak... Tampilan posting ato gmn??

    Anonymous said...

    iya tampilan kepengarangannya,, tapi udah bisa disembunyikan kok tinggal pake kode tambahan aja..

    Unknown said...

    Wah.. Perlu di share tuh ilmunya... Lebih bagus pake CSS bang.. Ini juga saya masih dalam tahap pembenahan Tampilan Blog

    Anonymous said...

    oke sukses terus gan..

    Unknown said...

    Alhamdulillah. akhirnya hilang juga errornya. Thnx gan...
    Susah bgt nyari artikel yg bahas ini, kbnyakan tentang crawl error. tpi akhirnya nemu jga dsini dan selesai.
    tpi mw tanya nh. klo yg di extracted struktur data kan sdh kliatan gk ada erornya lgi, tpi klo yg di gambar 1 dan 2 kira2 brapa lama hilangnya ya?
    thnx

    Anonymous said...

    gan gan kok di data struktur (structured data) nya masih ada aja ya blm ada perubahan malahan nambah error seperti biasanya,, klo di test data strukturnya mh udah berhasil saat itu juga..

    Unknown said...

    Adam: Brapa lamanya itu tergantung dengan Crawl Google dan besarnya error. Kalo saya sendiri butuh waktu 1 bulan baru bisa fix dan error 3.

    sihab: dilihat dulu errornya. Karena error itu bisa saja terjadi dari gambar bawaan template.. Tidak selamanya error di struktur data itu hanya berkisar postingan..

    ADM said...

    kok bisa kaya gitu yah gimana kronologinya sebelumnya punya saya lancar aja tp sekarng kaya gitu
    mohon pencerahannya

    salam
    www.hobianekausaha.com

    Unknown said...

    Maksudnya kayak gitu gimana pak?? Efek dari Structure data sebenarnya cuma hanya pada lambatnya membaca, karena tidak jelas author postingnya sapa. Mungkin ini adalah salah satu cara google untuk menaikan pamor G+

    musicenv said...

    makasih atas informasinya

    http://concert-id.com/

    Unknown said...

    Sama-sama bang tarmizi

    aji said...

    punya ane eror di page static nya nih..ada yang tw solusi nya gmana ??
    author dan update nya eror

    http://belajarteknologi.com

    Unknown said...

    aji: pastikan authornya langsung menuju ke G+ nya bro.. N buat auto posting on G+.. Mungkin itu berhasil.. :D

    Anonymous said...

    mantap mas gan artikelnya membantu sekali terimakasih banyak, kemaren blog saya juga mengalami hal seperti itu hilang update dan autor

    Aozon said...

    Saya masih belum bisa mengatasi error di static page.. Ada solusi lain?

    Unknown said...

    Aozon: belum bisanya dimana?? Semua yang error itu tidak bisa langsung hilang. Semua akan di crawl lagi. Jadi semakin besar websitenya maka akan semakin lama proses pembenahannya...

    Aozon said...

    Terimakasih tanggapannya, mungkin memang perlu waktu untuk proses perbaikannya

    YouN9 said...

    Nice info gan. kalo di wordpress theme pada file php yang mana ya? masih belajar ne gan. ty

    Giri Soeprijanto said...

    Terima kasih banyak mas...
    mudah2an berhasil nih...

    By: cuci sofa bekasi

    Unknown said...

    Pondok curhat: Terima kasih juga sudah berkunjung

    Suhu Wow said...

    Punya ane ada

    Structured Data > hatom (markup: microformats.org)
    Error Type
    Missing: updated
    215
    Items with Error


    Error Type
    Missing: author
    7
    Items with Error

    ane baca-baca dulu gan sebelum di praktekkan

    Makasih

    Dzukronus said...

    makasih banyak..bisa di coba pakai threaded comments hack v3 punya kang ismet, punya saya langsung maknyus,gk ada yang eror :)

    Unknown said...

    Di template ku gak ada kod b:if cond='data:post.hasJumpLink' Gimana donk aku letak diamana kodenya ?

    Enkosa said...

    mantap tutor nya gan oke banhet ijin menerapkan mampir gan ke toko online saya enkosa.com click toko online baju bola grade ori

    drioac said...

    Oke sip, nanti saya coba, btw blog ane lagi sakit sakitan nih soalnya :)
    Kunjung balik ya Drio AC, Dokter Android blog

    KamilSalleh said...

    Terima kasih admin imerey.... bila saya cari kode tersebut di atas tiada, maka saya ambil kode tersebut dan letakkan dalam template saya dan apa bila test maka ianya berjaya. Tiada lagi error bila buat test di "Test Live Data".

    Anonymous said...

    om. aku udah nyoba yah. emang sii 100% work. tapi giliran aku posting lagi, eh malah ada error missing update lagi. itu gimana ?

    Unknown said...

    Top markotop gan ilmunya. Udah ane aplikasikan.

    Anonymous said...

    kalau di wp bagaimana cara nya ya gan???

    Komunitas Belajar Komputer said...

    tapi kok masi ada warning di webmaster tools, padahal pada cek livedata gak ada error sama sekali, pie jal....?

    Osa Rosada said...

    Sip terimakasih atas pencerahannya sangat membantu
    http://animemasu.blogspot.com/

    Anonymous said...

    Saya juga mengalami hal serupa, scripnya udah dipasang malah erronya gk hilang hilang

    www.25nabi.id

    Bloglazir said...

    hahahahahaah parah bener ya :'(
    susah bener ini

    Joelzr said...

    Punya saya error banyak,, tapi waktu klik test malah gak ada yang error, jadi solusinya tinggal tunggu waktu saja kang?

    Post a Comment

    Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

     
    Design by Imerey Imuc (Dari Bhumi Arema Menuju Pulau Dewata)