RSS

Recycle Bin untuk media simpan portable

Recycle bin untuk media simpan portable - media simpan portable seperti Flash Dsik atau harddisk eksternal bukan lagi merupakan barang langka karena sudah sangat populer saat ini. Keduanya mempunyai fungsi yang sama dalam hal menyimpan data tidak beda dengan penyimpan data internal. Namun ada beberapa perberdaan antara kedua media simpan tersebut. Perbedaannya terletak pada penghapusan data.
Pada media simpan internal, penghapusan data akan langsung masuk pada Recycle Bin atau Trash. Karena, media simpan internal selalu terhubung dengan komputer. Jadi, data yang dihapus tidak langsung dihapus (tekan Delete) melainkan masuk ke Recycle Bin sehingga masih mempunya peluang untuk mengembalikan data tersebut, kecuali dengan mengklik tombol Shift + Del.
Sedangkan pada media simpan eksternal, penghapusan data tidak akan masuk ke Recycle Bin, namun langsung hilang atau sama halnya dengan kita menekan Shift+Del. Meskipun kita hanya menekan Del (Delete). Hal ini tentu akan merepotkan jika terjadi kesalahan penghapusan data. Dan untuk mengembalikan data tersebut membutuhkan bantuan beberapa aplikasi seperti Easus Data Recovery.
Solusi agar data yang kita hapus masuk ke recycle bin adalah dengan menggunakan software Ibin. Software ibin ini adalah software freeware. Hasil percobaan yang dilakukan adalah, bahwa situs resmi untuk mendownload ibin adalah www.autohotkey.net, namun selalu error ketika akan diakses untuk download. Oleh karena itu, saya akan memberikan file untuk download ibin 2.9.
Setelah download, selanjutnya ikuti langkah berikut ini:

  1. Ekstrak File Ibin 2.9 yang sudah di download ke media simpan eksternal (Ex: Flash Disk). Sebelumnya pastikan flash disk sudah ditancapkan atau sudah aktif.
  2. klik 2 kali pada ibin.exe. File ini tidak akan bisa berjalan kalau tidak ada pada Flash Disk.Dan proses instalasi akan berjalan.
  3. Setelah selesai melakukan instalasi, maka dapat dilakukan beberapa konfugurasi untuk menetukan disk space yang akan digunakan untuk menampung data yang dihapus tersebut. Untuk melakukan konfigurasi, langsung saja menuju ke SysTray (pojok kanan bawah(default)) dengan klik kanan lalu pilih "Costum Option". Akan terlihat bahwa secara default atau aslinya akan digunakan 10% dari besarnya kapasitas flash disk. Dan klik tombol "Set a start up command in autorun.inf" untuk menjalankan ibin ketika flash disk dijalankan. Lalu tekan Save.
  4. Ketika menghapus data maka akan muncul menu Ibin dengan pilihan Hapus data (Erase) atau masuk ke dalam Ibin.
  5. Jika kita memilih ibin maka data akan tersimpan ke dalam folder ibin dan akan bisa dikembalikan lagi. Yaitu dengan 2 kali klik pada icon ibin di Systray atau klik kanan pilih "Dumping Management", lalu klik "Recycle Data Selected".
Jadi, kita tidak perlu takut kehilangan data lagi ketika menghapus data pada media simpan portable. Kelemahan dari program ini adalah hanya akan berfungsi jika dalam setiap media simpan eksternal sudah ada Ibin.exe.

Description  : Recycle Bin untuk media simpan portable
Keyword     : Free Download, Ibin Free Download

  • Digg
  • Delicious
  • Facebook
  • Mindtalk
  • Google
  • Twitter
  • StumbleUpon
  • Linkeidn
  • Artikel Terkait



    Imerey Imuc Updated at: Thursday, August 16, 2012
    Imerey Imuc
    Penulis: Yoseph Rafael Hendrikus Yelson atau
    Deskripsi : Saya hanyalah seorang anak baru di dunia Internet yang masih butuh banyak ilmu lagi. Untuk lebih jelasnya bisa langsung menuju ke Profil Imerey Imuc.

    0 komentar:

    Post a Comment

    Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

     
    Design by Imerey Imuc (Dari Bhumi Arema Menuju Pulau Dewata)