RSS

Cara Browsing Aman

Cara Browsing Aman? Atau bahasa kerennya sih Bersurfing Ria dengan aman. Saat ini tiak bisa dipungkiri lagi bahwa bersurfing ria merupakan kegiatan pokok bagi setiap orang. Dan berbagai alasan pun muncul mengapa seseorang itu tidak bisa dalam 1 hari tidak melakukan surfing. Seperti biasanya bahwa jika seseorang sudah asyik dalam bersurfing lupa akan hal-hal kecil yang dapat merugikan. Salah satu contohnya tidak sadarnya bahwa kita sedang dipantau saat sedang bersurfing ria. Berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara browsing aman.

1. Blokir Pop-Up
Pop Up adalah jendela atau fitur dari website yang akan muncul secara otomatis dan tanpa permisi, tanpa anda merasa telah membukanya. Ukuran jendelanya bervariasi namun biasanya tidak menutup keseluruhan layar. Sebagian pup up muncul diatas Jendela aktif, sedangkan yang lain muncul dibawah jendela aktif atau disebut Pop Under. Tujuan dari pembutan pop up ini adalah untuk menarik perhatian para penggunanya yang mana juga sering disisipi kode-kode atau script-script Malware. Pop Up ini sendiri juga sering digunakan sebagai media Iklan. Untuk itu kita perlu melakukan Pemblokiran Pop Up, yaitu dengan menggunakan extension tambahan AdBlock Plus untuk Firefox dan Chrome. Extension AdBlock Plus ini bisa anda download langsung di https://adblockplus.org/en/. Extension ini akan mendeteksi semua iklan yang telah terdeteksi. Keunggulannya adalah daftarnya selalu diperbaharui sehingga mampu mencegah kemunculan setiap banner iklan dan pop up secara otomatis di jendela kita.

2. Gunakan Browser yang mendukung Safe Browsing
Safe Browsing adalah layanan yang diberikan oleh Google yang bertujuan agar browser memeriksa setiap URL yang diakses opleh user untuk memastikan user tidak mengakses situs yang mengandung Malware. Dan Malware ini cukup subur alam melakukan pengembangbiakan sehingga Google pun setiap harinya melakukan update daftar URL. Google Chrome dan Firefox adalah Browser yang sudah mengadopsi konsep Safe Browsing. Untuk lebih jelasnya mengenai Safe Browsing silahkan kunjungi https://code.google.com/apis/safebrowsing/.

3. Gunakan Privacy Browsing dan Incognito
Jika kita sering melakukan browsing di warnet-warnet atau di tempat-tempat publik, maka disarankan untuk menggunakan Private Browsing untuk Firefox atau Incognito untuk Chrome. Untuk menggunakan Private Browsing pada Firefox caranya adalah Klik Tulisan Firefox (pojok kanan atas), lalu pilih Start Private Browsing, sedangkan untuk menggunakan Incognito pada Chrome caranya adalah klik Costumize and Control Google Chrome (icon kunci, kiri atas), lalu pilih New Incognito Window. Fitur ini memungkinkan kita mengakses halaman Web tanpa meninggalkan jejak yang biasanya tersimpan pada Browser. Dengan ini seluruh rekaman aktifitas kita termasuk cookies akan terhapus dari browser ketika browser ditutup atau dikembalikan dalam Mode Normal (Stop Private Browsing pada Firefox).

4. Pasang NoScript untuk menghindari serangan XSS
Serangan XSS (Cross-Site Scripting) adalah salah satu bentuk serangan yang akhir-akhir ini sering kita jumpai. XSS merupakan salah satu kelengahan dari pembuat website yang kurang cermat dalam memfilter setiap kode-kode yang disisipkan oleh user. Dan efeknya adalah dapat mencuri informasi pengguna dan menipu orang lain dengan menggunakan hak akses korban. Extension NoScript saat ini masih hanya bisa digunakan di Firefox (Sampai dengan posting ini diterbitkan) sedangkan untuk Chrome yang ayas dapat adalah dengan memblock JavaScript (Option -> Under The Hood ->Content Seting -> Do Not Allow Any Site to run Javascript (dipilih)). Namun, efek dari apa yang kita lakukan pada Chrome dengan memblock Javascript adalah banyak website yang tidak bisa dioperasikan karena saat ini rata-rata website menggunakan Javascript.

5. Pasang extension WOT
WOT adalah sebuah aplikasi yang memberika peringatan kepada penggunanya atau pengunjung jika mengunjungi situs yang dirasanya berbahaya. Aplikasi menggunakan bantuan dari komunitas untuk mengupdate daftar situs yang dianggap berbahaya. Konsep ini hampir serupa dengan safe browsing. Untuk menggunakan Extension ini silahkan kunjungi www.mywot.com


6. Selalu Update Browser
Apa sebenarnya fungsi dari update? Update bertujuan untuk menutupi kekurangan yang ada pada versi sebelumnya. Jadi jika kita malas dalam melakukan update maka efeknya akan kita rasakan. Dalam artian ada beberapa extension yang selalu minta versi yang terbaru dan itu hanya bisa dilakukan lewat update browser kita. Untungnya sekarang rata-rata browser sudah ada auto update.

Nah, jadi sekarang bukan merupakan momok yang menakutkan bagi kita lagi sewaktu melakukan Browsing. SEMOGA BERMANFAAT!

Deskripsi : Cara aman dalam melakukan Browsing, sehingga tidak diikui rasa takut akan terserang oleh Malware.
Keyword : Tips dan Trik, Tips dan Trik Internet, Internet, Cara Browsing Aman

  • Digg
  • Delicious
  • Facebook
  • Mindtalk
  • Google
  • Twitter
  • StumbleUpon
  • Linkeidn
  • Artikel Terkait



    Imerey Imuc Updated at: Wednesday, October 26, 2011
    Imerey Imuc
    Penulis: Yoseph Rafael Hendrikus Yelson atau
    Deskripsi : Saya hanyalah seorang anak baru di dunia Internet yang masih butuh banyak ilmu lagi. Untuk lebih jelasnya bisa langsung menuju ke Profil Imerey Imuc.

    0 komentar:

    Post a Comment

    Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

     
    Design by Imerey Imuc (Dari Bhumi Arema Menuju Pulau Dewata)