RSS

Mempercepat Kecepatan Loading Blog

Suwi.. Suwi.... Seperti yang kita tahu bahwa seseorang itu paling malas kalo menemui blog yang lemot alias lambat. Namun, jangan marah dulu kalo ketemu kayak gitu. karena ada beberapa faktor yang mempengaruhi itu semua. Selain koneksi internet yang lemot juga kode script css dan java yang banyak. itu merupakan faktor yang mempengaruhi kecepatan sebuah blog. nah, jika blog kita cepet maka pengunjung juga akan senang dengan blog kita dan juga rating kita juga meningkat. karena google juga memperhatikan time page loading sebuah web site. Nah, langsung sajo.. GPL..

Penting : Backup dulu template ente (Rancangan -> Edit HTML -> Download Template). Guna jaga-jaga kalo sajo terjadi error dalam perubahan template ato tidak sesuai. Karena dalam merubah biasa tampilan pun ikut berubah.
Sebelumnya coba dicek dulu kecepatan blog anda di Speed Test

Kompres CSS

  • Silahkan login dan masuk ke Rancangan -> Edit HTML. Nah, sekarang silahkan gunakan fasilitas Find (ctrl+f) cari <b:skin>. Script CSS itu terletak antara <b:skin><[!CDATA[ ....... ]]></b:skin>.
  • Copy semua script css tersebut, lalu buka CSS Compresor. Lalu atur setingan sebagai berikut. Silahkan ente pilih mau pake yang mana. Mau yang extrem ato yang normal-normal sajo.
  1. Setelah masuk pada CSS Compresor lalu atur pengaturan sebagai berikut: Compression Mode: Normal, Compression Handling: Dont'Strip Any Comment. Lalu klik Compress It. Kalo yang ini masih dalam tahap normal sajo karena masih bisa dilihat dan dipandang enaklah.
  2. Compression Mode: Super Compact, Compression Handling: Strip All Any Comment Lalu klik Compress It. Kalo yang ini buat anda pusing kalo lihat hasilnya karena bener-bener di kompres tanda ada spasi. 
Pastekan hasil kompres CSS anda yang telah anda pilih ke tempat dimana anda kopi script css nya. maka script css anda akan berubah sesuai dengan hasil kompresan tadi. Setelah itu silahkan anda rasakan hasilnya.

HTML Optimizer
Nah, untuk HTML Optimezer ini, fungsinya adalah untuk mengurangi penulisan script HTML yang banyak row ato baris. karena setiap baris script HTML akan dibaca. Jadi, jangan pusing setelah melihat hasilnya. karena bener-bener 'rapet'. Copy script antara <body> ...... </body>. Hasil dari HTML Optimzer ditaruh lagi yo  template anda.

Kompres JavaScript
Sebenarnya untuk kompres javascript ini ada banyak link-link ato jasa java kompres. Namun, sebelumnya perlu diketahui terlebih dahulu mengenai bahwa javascript pada template blog terletak antara <script type='text/javascript'>..</script>.. Berikut link-link yang menyediakan jasa kompres JavaScript: http://javascriptcompressor.com, http://creativyst.com/Prod/3, http://www.minifyjs.com/javascript-compressor, http://www.minifyjavascript.com.

Kompresor GZIP dan ob_gzhandler
Sistem kerja dari GZIP dan ob_ghandler ini adalah sebelum masuk ke browser maka data blog akan dikompres yang masuk ke server provider. Lalu, cara memakai GZIP dan ob_gzhandler adalah sebagai berikut:
Copy script dibawah ini lalu pastekan di atas <!DOCTYPE html PUBLIC "-//W3C//DTD XHTML 1.0 Strict//EN" "http://www.w3.org/TR/xhtml1...
<?php if (substr_count($_SERVER['HTTP_ACCEPT_ENCODING'],'gzip'))ob_start("ob_gzhandler");else ob_start(); ?>

Kompresor Image
Gambar atau image mempunyai pengaruh yang sangat besar dalam sebuah blog atau web. Karena semakin besar size sebuah gambar maka loading akan semakin lama pula. maka dari perlu diperhatikan pengaturan gambar dalam sebuah blog. Namun, saat ini sudah ada jasa untuk mengompres sebuah gambar yaitu image optimizer, yangmana sebelum gambar tersbut dimasukin ke web ato blog harus dikompres terlebih dahulu. Setelah menguplod gambar, maka kita akan dikasih pilih untuk jenis kompres yaitu JPG, PNG, GIF. Ente jangan harap akan mendapatkan kualitas gambar yang bagus setelah dikompres.


Pengaturan Widget
pengaturan widget sangatlah penting. Karena dengan widget yang berlebihan bisa menambah kapasitas sebuah blog sehingga blog loadnya semakin lambat. Oleh karena itu silahkan dipikirkan kembali untuk widget-widget yang mau ditambahkan. Atau mungkin bisa melakukan pengaturan widget, artinya membedakan widget yang hanya akan muncul di Halaman depan atau hanya muncul ketika diklik artikelnya.


External Data Storage
Yang dimaksud external data storage adalah dengan memanfaatkan jasa web hosting gratisan untuk mengupload file kita (gambar, css, dan javascript). ini mungkin tidak sepenuhnya berhasil karena bisa saja tampilan website ato blog kita akan berubah. Namun, efeknya sangatlah kerasa. karena dari sekian banyak script tersebut hanya akan dipanggil linknya sajo (sudah dipindahkan ke media penyimpanan file storage. Untuk mendapatkan Jasa Upload File gratis silahkan liat di OMG (Om Goo) dengan ketik "Hot Linking Storage". Silahkan dipilih sendiri mana yang cocok dengan saudara. Namun, yang perlu diperhatikan bahwa pilihlah hosting yang terbaik dan cepat, karena jika media penyimpanan file storagenya lambat maka akan pengaruh pada load time blog juga.Berikut contoh penulisan script:
  • css -> <link href='http://www.fileden.com/files/2011/8/22/3186082//css.css' rel='stylesheet' type='text/css'/>
  • javascript -> <script src='https://ajax.googleapis.com/ajax/libs/mootools/1.3.1/mootools-yui-compressed.js' type='text/javascript'/>
  • image -> <link href='http://i666.photobucket.com/albums/j666/folder/imuc.gif' rel='shortcut icon' type='image/vnd.microsoft.gif'/>

Hal yang perlu diingat bahwa bukan hanya kecepatan load time sebuah blog atau web yang dapat mendongkrak ranking kita namun ada beberapa hal lagi.
Selamat Mencoba tips sederhana ini. CEKIDOT! 
  • Digg
  • Delicious
  • Facebook
  • Mindtalk
  • Google
  • Twitter
  • StumbleUpon
  • Linkeidn
  • Artikel Terkait



    Imerey Imuc Updated at: Tuesday, August 23, 2011
    Imerey Imuc
    Penulis: Yoseph Rafael Hendrikus Yelson atau
    Deskripsi : Saya hanyalah seorang anak baru di dunia Internet yang masih butuh banyak ilmu lagi. Untuk lebih jelasnya bisa langsung menuju ke Profil Imerey Imuc.

    0 komentar:

    Post a Comment

    Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

     
    Design by Imerey Imuc (Dari Bhumi Arema Menuju Pulau Dewata)